Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui Tentang SPT Tahunan dan Fungsinya

Tips Memilih Konsultan Pajak Jakarta Selatan yang Sesuai Kebutuhan Klien
December 3, 2017
Yang Wajib Anda Laporkan dalam SPT Tahunan Orang Pribadi
January 19, 2018

Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui Tentang SPT Tahunan dan Fungsinya

Pajak pastinya sudah bukan lagi sebuah istilah yang asing di telinga Anda. Sebagai bagian dari kewajiban Anda sebagai wajib pajak, sebuah laporan yang disebut dengan SPT Tahunan haruslah disusun. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa itu SPT atau surat pemberitahuan serta apa saja fungsinya.

SPT Tahunan Orang Pribadi

SPT Tahunan disusun oleh Anda sebagai seorang Wajib Pajak Penghasilan untuk melaporkan serta mempertanggungjawabkan jumlah pajak yang sesungguhnya. Di sini, lapoarn tersebut disebut SPT Tahunan orang pribadi. Di dalam laporan tersebut, dinyatakan berapa jumlah pelunasan atau pembayaran pajak yang telah Anda lakukan, baik sendiri maupun melalui pemungutan maupun pemotongan yang dilakukan pihak lain dalam satu periode pajak (biasanya 1 tahun).

Selain itu, surat pemberitahuan tersebut juga melaporkan pembayaran dari pihak yang memungut atau memotong tentang pemungutan atau pemotongan pajak orang pribadi maupun perseorangan dalam satu periode pajak yang dilakukan sesuai dengan peraturan yang dijelaskan dalam undang-undang perpajakan. Di dalam SPT Tahunan orang pribadi, Anda juga wajib melaporkan harta serta kewajiban Anda, serta penghasilan Anda, baik yang menjadi maupun yang bukan menjadi objek pajak.

Dengan demikian, meskipun gaji Anda biasanya sudah dipotong pajak dan jumlah pajaknya sudah dibayarkan oleh perusahaan, SPT Tahunan tetap harus dilaporkan karena bisa jadi Anda memiliki penghasilan yang berasal dari sumber lainnya.

SPT Tahunan Badan

Sementara itu, bagi perusahaan, SPT Tahunan Badan adalah jenis laporan yang wajib disusun. Surat pemberitahuan ini disebut juga dengan Formulir 1771 dan formatnya sudah diatur di dalam peraturan PER-26/PJ/2013. Dengan demikian, peraturan PER034/PJ/2010 sudah tidak lagi berlaku.

Baik itu SPT Tahunan untuk wajib pajak pribadi maupun badan, pengisiannya tentu harus dilakukan dengan jujur, jelas, serta lengkap. Penyampaian surat pemberitahuan adalah ke kantor Ditjen Pajak tempat Anda terdaftar, ataupun di tempat lain yang telah ditetapkan Direktur Jenderal Pajak. Penyampaian juga harus dilakukan tepat waktu, dengan perpanjangan maksimal 2 bulan yang disertai dengan pemberitahuan tertulis kepada Direktur Jenderal Pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan PIC Consulting..
Silakan Klik Untuk Chat Via Whatsapp..
Powered by