KONSULTAN PAJAK MURAH – PAJAK PENGHASILAN PASAL 24

Pengertian PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak)
September 23, 2017
Konsultan Pajak Murah Jakarta,085694911804 Terpercaya
November 19, 2017

Konsultan Pajak Murah – Pajak Penghasilan Pasal 24

Selamat Pagi Rekan Pajak ? kali ini kami konsultan pajak murah akan memberikan informasi tentang pajak penghasilan pasal 24.

PIC Consulting adalah konsultan pajak murah  yang bergerak dibidang jasa pembuatan laporan keuangan dan jasa pembuatan laporan pajak. PIC Consulting memberikan pelayanan dan solusi yang terpecaya.

Baik pertama konsultan pajak murah akan menjelaskan tentang pengertian pajak penghasilan pasal 24 adalah :

  1. PPh pasal 24 mengatur tentang perhitunga besarnya pajak atas penghasilan yang dibayar atau terutang di luar negeri yang dapat dikreditkan terhadap pajak penghasilan yang terutang atas seluruh penghasilan Wajib Pajak dalam negeri.
  2. Pengkreditan pajak luar negeri dilakukan dalam tahun digabungkan penghasilan dari luar negeri dengan pengasilan di Indonesia.
  3. Indonesia menganut Tax Credit yang ordinary credit method dengan menerapkan per country limination.

Selanjutnya konsultan pajak murah akan menjelaskan tentang cara penggabungan penghasilan yang bersal dari Luar Negeri dilakukan sebagai berikut :

  1. Penggabunga penghasilan dari usaha dilakukan dalam tahun pajak diperolehnya penghasilan tersebut (accrual basic)
  2. Penggabungan penghasilan lainnya dilakukan dalam tahun pajak diterimanya penghasilan tersebut (cash basis)
  3. Penggabungan penghasilan yang berupa deviden (Pasal 18 ayat 2 UU PPh) dilakukan dalam tahun pajak pada saat PPerolehan deviden tersebut ditetapkan sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan.

Untuk Rekan Pajak ketahui, pajak penghasilan pasal 24 ada batas maksimum kredit pajak yang diambil adalah batas terendah dari unsur / perhitungan, sebagai berikut :

  1. Jumlah pajak yang terutang atau dibayar di Luar Negeri
  2. (Penghasilan Luar Negeri : seluruh penghasilan kena pajak ) x PPh atas seluruh yang dikenakan tarif pasal 17
  3. Jumlah pajak yang terutang untuk seluruh pengashilan kena pajak (dalam hal penghasilan kena pajak adalah lebih kecil daripada penghasilan luar negeri)

Dan konsultan pajak murah akan memberikan informasi mengenai Batas maksimum kredit pajak untuk setiap Negara ( Per County Limination)

  • Apabila penghasilan luar negeri berasal dari beberapa Negara, maka perhitungan batas maksimum kredit pajak dilakukan untuk masing masing Negara.

Sedangkan Usaha di Luar Negeri sebagai berikut :

Dalam menghitung penghasilan kena pajak, kerugian yang di derita oleh Wajib Pajak di luar negeri tidak boleh dikompensasikan dengan penghasilan yang diterima di dalam negeri (Indonesia)

  • Cara mekalsanakan kredit pajak luar negeri untuk mekasanakan pengkreditan pajak yang terutang atau dibayar di luar negeri, Wajib Pajak wajib menyampaikan permohonan kepada Dirken Pajak dengan melampirkan.
  • Laporan Keuangan dari penghasilan di luar negeri
  • Fotocopy surat pemberitahuan Pajak yang disampaikan di luar negeri
  • Dokumen pembayaran pajak di luar negeri
  • Penyampaian permohonan kredit pajak yang terutang atau dibayar di luar negeri tersebut dilakukan bersamaan dengan pemyampaian SPT Tahunan PPh.

Setelah rekan pajak mengetahui tentang pengertian, batas maksimum kredit pajak PPh Pasal 24, maka kali ini konsultan pajak murah akan menjelaskan bagaimana cara mengkreditkan Penghasilan Pasal 24, mari kita simak sebagai berikut :

Cara melaksanakan kredit pajak luar negeri untuk mekasanakan pengkreditan pajak yang terutang atau dibayar di luar negeri wajib pajak wajib menyampaikan permohonan kepada Dirjen Pajak dengan melampirkan :

  • Laporan keuangan dari penghasilan di Luar Negeri
  • Fotocopi Surat Pemberitahuan Pajak yang disampiakn di Luar Negeri
  • Dokumen pembayaran pajak di luar negeri
  • Penyampaian permohonan kredit pajak yang terutang atau dibayar di luar negeri tersebut dilakukan bersamaan dengan penyampaian SPT Tahunan PPh.

PIC Konsultan Jasa Konsultan Pajak Murah

Setiap perusahaan bisaanya membutuhkan konsultan pajak murah agar solusi perpajakan perusahaan rekan pajak tidak bermasalah. Dan kami PIC Konsultan Jasa Konsultan Pajak Murah yang aman dan terpecaya akan selalu memberikan solusi berbagai masalah perpajakan kususnya Penghasilan Pajak Pasal 24. Dan agar rekan pajak dapat terbantu maka, kami konsultan pajak murah akan memberikan contoh perhitungan Pajak penghasilan Pasal 24

Diketahui :

PT Bahagia memiliki 2 penghasilan baik di Indonesia maupun di Singapure. Dari kedua penghasilan tersebut diketahui sebagai berikut :

  1. Penghasilan di Inonesia mengalami untung sebesar Rp 1 M dengan laba fiskal yang didapat sebesar Rp 1M 100 juta rupiah. Diketahui Nilai Omzet yang dimiliki PT Bahagia di Indonesia sebesar Rp 55 M. Pajak yang diterapkan berdasarkan undang undang sebesar 25%.
  2. Penghasilan si Singapure diketahui sebesar $ 1.500 dengan prosentase pajak di Negara singapure sebesar 20%. Kurs $1= Rp 13.000.

Hitunglah batas kredit yang diizinkan sebagai pengurangan kredit pajak PT Bhagia ?

Contoh Perhitungan Mekanisme Pajak Penghasilan Pasal 24

Jawaban :

Penghasilan di Indonesia                    : Rp 1.100.000.000 nilai Fiskal

Penghasilan di Singapure                   : Rp       19.500.000

Total Penghasilan Neto                                  : Rp 1.119.500.000

Cara Penentuan batas kredit ( dilihat dari 3 Unsur )

  1. Menghitung Pajak Terutang di dalam negeri

Penghasilan Neto Fiskal                     Rp 1.119.500.000

Kompensasi kerugian                          Rp –

Penghasilan Kena Pajak                      Rp 1.119.500.000

PPh Terutang

PKP X PPh Pasal 17 Full (omzet diatas 50 M)

1.119.500.000 X 25%                         = 279.875.000

  1. Menghitung Pajak terutan di Luar Negeri 19.500.000 x 20% = 3.900.000
  2. Mencari Batas Maksimal Kredit

19.500.000 / 1.119.500.000 x 279.875.000 = 4.875.000

Maka nilai yang dapat dipakai sebagai kredit pajak adalah 3.900.000 berdasarkan peraturannya bahwa nilai yang dapat dipakai diambil dari 3 unsur yang terendah, dimana nilai kredit tidak boleh lebih besar dari nilai pajak terutang.

Jadi rekan pajak sudah tau kan pengertian Pajak Penghasilan Pasal 24 ??? Sudah bisa menghitung berapa pajak yang harus dibayarkan belum? jika belum karena tidak mau repot dan punya waktu.

maka percayakan  pada kami konsultan pajak jakarta PIC Consulting.

PIC Consulting konsultan pajak murah Jakarta memberikan layanan jasa konsultasi perpajakan yang terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan PIC Consulting..
Silakan Klik Untuk Chat Via Whatsapp..
Powered by