Peluang Bisnis Jasa Konsultasi Perpajakan di Indonesia

jasa konsultan pajak
Jasa Konsultan Pajak dan Layanan yang Ditawarkan
November 24, 2017
Berapakah Tarif Konsultan Pajak pada Umumnya?
November 26, 2017

Beberapa tahun terakhir ini, pemerintah menjadi semakin gencar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak dengan melaporkan aset atau kekayaan dan pendapatannya. Meskipun demikian, masih banyak wajib pajak yang masih belum memahami peraturan atau undang-undang perpajakan yang berlaku, yang mengakibatkan timbulnya kebingungan dalam proses pelaporan pajak mereka. Di sinilah peran seorang konsultan pajak dibutuhkan untuk membantu para wajib pajak, mulai dari jasa konsultasi, perhitungan, pembayaran, pelaporan, sampai dengan pendampingan jika ada masalah perpajakan yang berlanjut.

Terlebih lagi, dengan adanya program pengampunan pajak atau tax amnesty yang membebaskan wajib pajak dari pajak terutang dengan mengungkapkan aset mereka, profesi konsultan perpajakan pun menjadi makin dibutuhkan. Karena itu, bidang ini pun menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menarik untuk dilirik, terutama jika Anda sudah memiliki sertifikasi yang dibutuhkan untuk menunjukkan kompetensi Anda di dalam bidang perpajakan, seperti gelar sarjana ekonomi di program studi akuntansi dan sertifikat pajak atau brevet A, B, maupun C.

Akan tetapi, sama halnya dengan bisnis apapun di berbagai sektor atau bidang usaha, ada beberapa hal penting yang patut dicermati sebelum Anda memulai bisnis jasa konsultasi pajak. Setelah Anda mendapatkan peluang, pembiayaan tentunya menjadi salah satu faktor penting yang wajib dipertimbangkan. Tentukan seberapa besar ukuran usaha Anda untuk menentukan berapa jumlah modal awal yang dibutuhkan. Selain itu, jangan lupa bahwa Anda juga perlu mendaftarkan usaha Anda agar legal dan berizin, sesuai dengan peraturan dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak. Konsultan pajak yang memiliki izin dari Ditjen Pajak akan dimasukkan dalam daftar Konsultan Pajak Terdaftar.

Peluang Bisnis

Perhatikan kondisi pasar dan lingkungan bisnis usaha konsultasi perpajakan ini. Selain wajib pajak individu, perusahaan juga memerlukan jasa konsultan pajak baik untuk kepentingan perencanaan pajak (internal) atau bahkan sampai penyusunan laporan dan pembayaran pajaknya (eksternal). Bentuk sebuah sistem kerjasama yang menguntungkan keduabelah pihak, terlepas dari apakah klien jasa konsultan perpajakan Anda adalah individu atau perusahaan. Jangan lupakan juga kualitas sumber daya manusia (SDM) yang Anda rekrut untuk menjamin kualitas jasa yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan PIC Consulting..
Silakan Klik Untuk Chat Via Whatsapp..
Powered by