Penyampaian SPT Tahunan Badan bagi Wajib Pajak

Yang Wajib Anda Laporkan dalam SPT Tahunan Orang Pribadi
January 19, 2018
Konsultan Pajak Sebagai Pihak Profesional untuk Membantu Pengisian SPT Tahunan
January 19, 2018

 

Jika seorang wajib pajak pribadi diwajibkan untuk membuat surat pernyataan atau SPT tahunan orang pribadi, maka wajib pajak badan harus melaporkan SPT Tahunan Badan untuk keperluan pajaknya. Berbeda dengan jenis yang pertama, surat pernyataan bagi wajib pajak badan dibatasi sampai dengan akhir April.

Penyampaian SPT Tahunan Badan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menyampaikannya dengan langsung datang ke Kantor Prajak Pratama tempat entitas terdaftar. Selain itu, surat pemberitahuan juga dapat disampaikan dengan dikirim melalui jasa kurir, pos, maupun jasa ekspedisi. Cara lainnya adalah dengan mengisi SPT elektronik atau e-SPT yang umumnya diselenggarakan oleh perusahan penyedia jasa layanan tersebut.

Penyampaian SPT Tahunan Badan bagi Wajib Pajak

Untuk penyampaian SPT Tahunan Badan melalui pos, jasa kurir, ataupun jasa ekspedisi, dokumen harus dimasukkan di dalam amplop tertutup dengan lembar informasi amplop SPT Tahunan terlampir. Selain itu, Anda wajib memperhatikan tanggalnya – tanda bukti serta tanggap pengiriman SPT Tahunan merupakan tanda bukti dan tanggal SPT diterima asalkan SPT Tahunan yang perusahaan Anda kirimkan telah dianggap lengkap oleh pihak yang menerima dokumen tersebut. Akan tetapi, jika SPT Tahunan yang diterima petugas diangga tidak lengkap, maka Anda akan diminta untuk melengkapinya dalam jangka waktu tertentu. Jika kelengkapannya masih belum disampaikan sampai tenggat yang sudah ditetapkan, maka Kantor Pajak Pratama akan melayangkan surat pemberitahuan yang isinya adalah SPT Tahunan Badan dianggap tidak disampaikan.

Ada beberapa alasan mengapa SPT Tahunan Badan dianggap tidak lengkap, seperti tidak adanya Surat Kuasa Khusus yang harusnya dilampirkan pada SPT Induk yang ditandatangani oleh kuasa dari Wajib Pajak. Elemen di dalam SPT Induk yang tidak diisi dengan lengkap juga adalah salah satu penyebab mengapa SPT Tahunan Anda dianggap tidak lengkap oleh petugas, pun tidak adalnya lampiran Surat Setoran Pajak atau dokumen administrasi yang setara untuk SPT Tahunan Kurang Bayar. Untuk e-SPT yang tidak lengkap, hal ini bisa disebabkan dengan isi data yang tidak sesuai dengan SPT Induk tercetak yang Anda sampaikan, atau e-SPT Tahunan digital yang tidak dapat diproses oleh aplikasi sistem informasi milik Ditjen Pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan PIC Consulting..
Silakan Klik Untuk Chat Via Whatsapp..
Powered by