Prosedur dan Cara Mengurus SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan)

8 Perbedaan PT Dan CV Yang Perlu Anda Ketahui
September 24, 2018

<!– Google Tag Manager –>
<script>(function(w,d,s,l,i){w[l]=w[l]||[];w[l].push({‘gtm.start’:
new Date().getTime(),event:’gtm.js’});var f=d.getElementsByTagName(s)[0],
j=d.createElement(s),dl=l!=’dataLayer’?’&l=’+l:”;j.async=true;j.src=
‘https://www.googletagmanager.com/gtm.js?id=’+i+dl;f.parentNode.insertBefore(j,f);
})(window,document,’script’,’dataLayer’,’GTM-P32LKR5′);</script>
<!– End Google Tag Manager –>

Setelah seluruh dokumen persyaratan Cara Mengurus SKDP Anda siapkan, Anda bisa melanjutkan dengan mengikuti prosedur Cara Mengurus SKDP – penerbitan atau pembuatan SKDP. Simak tata-caranya di bawah ini:

 

  1. Minta Surat Pengantar Pembuatan SKDP dari RT/RW

Cara Mengurus SKDP Pertama Anda perlu membawa seluruh berkas ke RT tempat perusahaan Anda berada. RT akan membuatkan Surat Pengantar Pembuatan SKDP yang biasanya kemudian disahkan juga oleh RW. Pembuatan surat pengantar ini sebenarnya tidak dipungut biaya alias gratis, namun kadang ada kebijakan untuk mengisi kas, baik yang sifatnya sukarela maupun ditentukan besarnya, tergantung wilayah masing-masing.

 

  1. Datang ke Kantor Kelurahan

Cara Mengurus SKDP Kedua Seluruh berkas dan surat pengantar yang telah diperoleh dari RT/RW kemudian dibawa ke Kantor Kelurahan atau Kantor Kepala Desa setingkat Kelurahan. Di sana Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan domisili perusahaan yang ditujukan kepada Kepala Satuan Pelaksana PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kelurahan setempat dan menyerahkan berkas persyaratan.

 

  1. Penerbitan SKDP

Cara Mengurus SKDP Ketiga Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses penerbitan SKDP. Jangka waktu proses penerbitan SKDP ini tidak tentu, tetapi biasanya memakan waktu sekitar 3-8 hari sejak berkas permohonan lengkap diterima oleh Kelurahan.

 

  1. Biaya Pembuatan SKDP

Cara Mengurus SKDP Keempat Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) ini pada dasarnya tidak dikenakan biaya atau gratis, namun seperti lazimnya pengurusan surat yang lain, pada praktiknya Anda kemungkinan akan dikenakan kewajiban untuk memberikan sumbangan yang besarnya bervariasi di masing-masing wilayah yang berbeda.

 

SKDP Perlu dan Penting

Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) ini mempunyai peranan yang sangat penting pada fase awal pendirian perusahaan Anda. Selain sebagai keterangan domisili perusahaan, SKDP juga biasanya digunakan untuk mengurus pembuatan surat-surat perizinan perusahaan seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan Usaha. Biasanya instansi yang mengeluarkan izin surat-surat di atas mensyaratkan pemohonnya melampiri SKDP sebagai bukti bahwa badan usaha tersebut memang menjalankan usaha di lokasi yang diterangkan dalam SKDP.

<!– Google Tag Manager (noscript) –>
<noscript><iframe src=”https://www.googletagmanager.com/ns.html?id=GTM-P32LKR5″
height=”0″ width=”0″ style=”display:none;visibility:hidden”></iframe></noscript>
<!– End Google Tag Manager (noscript) –>

Berhubung sampai saat ini tidak ada peraturan khusus mengenai SKDP secara nasional, maka ketentuan mengenai persyaratan dan proses Cara Mengurus SKDP umumnya diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) yang berbeda-beda untuk setiap daerah. Jadi Anda perlu mencocokkan informasi yang diberikan di sini dengan pihak Kelurahan tempat perusahaan Anda beroperasi agar proses pengurusan SKDP Anda tidak ada hambatan.

Pengurusan SKDP ini juga bisa dikuasakan ke orang lain jika Anda tidak sempat. Kami siap membantu Anda mengenai proses Cara Mengurus SKDP sampai selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan PIC Consulting..
Silakan Klik Untuk Chat Via Whatsapp..
Powered by