Yang Wajib Anda Laporkan dalam SPT Tahunan Orang Pribadi

Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui Tentang SPT Tahunan dan Fungsinya
January 19, 2018
Penyampaian SPT Tahunan Badan bagi Wajib Pajak
January 19, 2018

Yang Wajib Anda Laporkan dalam SPT Tahunan Orang Pribadi

Bulan Maret merupakan tenggat waktu bagi Anda untuk melaporkan SPT Tahunan orang pribadi. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara ringkas apa saja yang harus Anda laporkan di dalam surat pemberitahuan Anda, seperti yang sudah diatur di dalam Lampiran II Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-19/PJ/2014.

  1. Harta yang sudah dilaporkan sebelumnya.

Yang dimaksud dengan harta di bagian ini adalah harta yang telah Anda, sebagai Wajib Pajak, laporkan di dalam SPT Tahunan periode sebelumnya. Akan tetapi, harta tersebut haruslah masih menjadi milik Anda, yang berarti belum Anda jual. Jika sudah dijual, maka sudah tidak perlu lagi dilaporkan.

  1. Kas and setara kas.

Konsep kas tentunya sudah tidak asing bagi Anda. Sementara itu, setara kas adalah istilah untuk jenis harta yang dapat Anda ubah menjadi uang tunai dalam waktu singkat, seperti tabungan dan rekening koran, giro, reksa dana, obligasi, dan lain-lain.

  1. Aset yang dikategorikan sebagai alat transportasi.

Jenis aset yang satu ini contohnya adalah sepeda motor, mobil, pesawat terbang, kapal pesiar, helicopter, dan lain-lain.

  1. Perhiasan.

Anda harus melaporkan apa saja perhiasan yang Anda miliki, termasuk logam mulia seperti emas batangan, serta batu mulia seperti berlian dan intan.

  1. Harta yang tidak bergerak.

Contoh aset yang dikategorikan sebagai harta tidak bergerak adalah perabot rumah tangga, perlatan elektronik seperti televise dan mesin cuci, dan sebaginya.

  1. Bangunan dan/atau tanah.

Tanah serta bangunan tidak dilaporkan menjadi satu sebagai harta tidak bergerak, namun dinyatakan di dalam bagian terpisah dari jenis aset tersebut. Selain itu, bangunan serta tanah yang Anda laporkan bukan hanya yang Anda gunakan sebagai tempat tinggal, namun juga tanah dan/atau bangunan lain yang Anda miliki serta fungsikan untuk keperluan lainnya, seperti toko dan gudang.

 

Dalam mengisi SPT Tahunan orang pribadi, azas materialitas digunakan sebagai panduan Anda. Dengan demikian, apa yang Anda laporkan adalah aset yang dipandang signifikan sehingga memengaruhi total harta Anda. Misalnya, jika Anda memiliki peralatan makan yang tidak Anda anggap material, maka Anda tidak perlu melaporkannya. Akan tetapi, jika harganya sangat mahal, maka laporkanlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan PIC Consulting..
Silakan Klik Untuk Chat Via Whatsapp..
Powered by